Teknologi Masa Depan Terbarukan

Banyak Macam Nama Satelit di angkasa dan Penjelasannya

Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit, yakni satelit alam dan satelit buatan. Satelit sangat membantu manusia dalam melakukan komunikasi, pengiriman data, pengamatan, dan sebagainya. Ilmu kesehatan sangat penting bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta berbagai ilmu pengetahuan lain. Satelit yang beredar di atas bumi sangat banyak dan dikelompokkan menurut keperluan masing-masing, Jenis-jenis satelit tersebut adalah sebagai berikut:

Satelite

  • Satelit Astronomi

adalah satelit yang digunakan untuk mengamati planet, galaksi dan objek angkasa lain yang sangat jauh.
  • Satelit komunikasi 

adalah satelit buatan oleh manusia yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. Kebanyakan satelit komunikasi menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner, meskipun beberapa tipe terbaru menggunakan satelit pengorbit bumi rendah.
  • Satelit Pengamat Bumi

adalah satelit yang dirancang khusus untuk mengamati bumi dari orbit, seperti satelit reconnaissance tetapi yang ditujukan untuk penggunaan non-militer seperti pengamatan lingkungan, meteorologi, pembuatan peta, dan lain sebagainya.
  • Satelit navigasi

adalah satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan bumi untuk menentukan lokasi sebuah titik di permukaan bumi. Salah satu satelit navigasi yang sangat populer adalah GPS milik Amerika Serikat, Glonass milik Rusia. Bila pandangan antara satelit dan penerima di tanah tidak ada gangguan, dengan sebuah alat penerima sinyal satelit (penerima GPS) maka akan dapat diperoleh data posisi di suatu tempat dengan ketelitian beberapa meter dalam waktu nyata.
  • Satelit mata-mata

adalah satelit pengamat bumi atau satelit komunikasi yang digunakan untuk tujuan muliter atau mata-mata.
  • Satelit Tenaga Surya

adalah satelit yang diusulkan dibuat di orbit bumi tinggi yang menggunakan transmisi tenaga gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga surya ke antena yang sangat besar di bumi yang dapat digunakan untuk menggantikan sumber tenaga konvensional.
  • Stasiun angkasa

adalah struktur buatan manusia yang dirancang sebagai tempat tinggal manusia di luar angkasa. Stasiun luar angkasa dibedakan dengan pesawat angkasa utama atau fasilitas pendaratan serta kendaraan lain yang digunakan sebagai alat transportasi ke stasiun. Stasiun angkasa dirangcang untuk hidup jangka menengah di orbit, untuk periode mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan.
  • Satelit cuaca 

adalah satelit yang digunakan untuk mengamati cuaca dan iklim di bumi.
  • Satelit miniatur

adalah satelit yang ringan dan kecil. Klasifikasi baru dibuat untuk mengkategorikan satelit-satelit ini: satelit mini (500-200 kg), satelit mikro (di bawah 200 kg), satelit nano (di bawah 10 kg).
  • Televisi satelit

Televisi yang dipancarkan dengan cara yang mirip seperti komunikasi satelit, serta bisa disampaikan dengan televisi lokal dan televisi kebel.

Sinyal televisi satelit pertama disiarkan dari Eropa ke satelit Telstar di atas Amerika Utara pada tahun 1962. Satelit komunikasi geosikron pertama, Syncom 2, diluncurkan pada tahun 1963. Komunikasi satelit komersial pertama di dunia, disebut Intelsat I (disebut juga Early Bird), diluncurkan ke orbit pada tanggal 6 april 1965. Satelit jaringan televisi nasional pertama, Orbita, dibuat Uni Soviet pada tahun 1967. Satelit domestik Amerika Utara pertama yang memuat siaran televisi adalah geostasiun Anik 1 milik Kanada, yang diluncurkan pada tahun 1972.

Banyak Macam Nama Satelit di angkasa dan Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment