Teknologi Masa Depan Terbarukan

Software Dalam Mengelola Multimedia

Untuk membuat sajian multimedia bisa jadi diperlukan lebih dari satu software karena kebanyakan software multimedia hanya berkonsentrasi pada satu atau dua komponen saja.Untuk mengolah suara, misalnya, diperlukan software yang berbeda dengan yang diperlukan untuk mengolah gambar. Menurut senn (1998), secara umum software multimedia dapat digolongkan menjadi empat kelompok, yaitu: Software Capturing, Software Editing, Software Authoring, dan Software Viewer.

Dari uraian tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Software Capturing

Software capturing adalah software multimedia yang hanya digunakan untuk mengubah informasi multimedia, seperti suara, gambar, dan video, dari format analog menjadi format digital.Software ini berguna terutama pada pemilihan media dalam tahap perancangan isi. Contohnya: Adobe Sound booth untuk merekam suara, Adobe Photoshop untuk scan foto, Adobe Premiere Pro untuk meng-capture video dan Adobe Captivate untuk merekam aktivitas dekstop.

adobe premiere pro
  • Software Editing

Software editing adalah software yang digunakan untuk menciptakan, mengubah, menambah, mengurangi, atau menggabungkan komponen multimedia sehingga menjadi sebuah sajian multimedia yang utuh dan menarik. Contohnya : Adobe PhotoShop untuk mengolah gambar, Adobe Soundbooth untuk mengolah suara, Adobe Premiere Pro untuk mengolah video, dan Adobe After Effects untuk mengolah animasi dan efek khusus.

adobe after effect

  • Software Authoring

Software Authoring adalah software yang digunakan untuk membuat sajian multimedia interaktif. Contohnya : Microsoft PowerPoint, Adobe Dreamweaver,Adobe Director,dan Adobe Flash.

adobe flash

  • Software Viewer

Software viewer adalah software yang digunakan untuk melihat, menjalankan atau memainkan hasil karya multimedia. Contohnya: Quick time player, Windows Media Player atau Winamp untuk memainkan video atau musik.

winamp

Akan tetapi, dalam perkembangannya batasan-batasan software tersebut sudah mulai hilang. Ada software yang mampu berperan ganda, seperti Adobe Premiere Pro yang selain sebagai software editing dapat pula digunakan sebagai software capturing. ACD See selain sebagai viewer juga memiliki kemampuan untuk mengedit gambar..

Software Dalam Mengelola Multimedia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment