Teknologi Masa Depan Terbarukan

Komponen penting di saat berhadapan dengan komputer

Kali ini Jahet Bungas ingin menuliskan Komponen penting di saat berhadapan dengan Komputer, karna semakin berkembangnya teknologi maka akan semakin banyak pula peraturan-peraturan lama yang di sepelekan, seperti :

  • Kursi

Kusrsi merupakan salah satu komponen penting di tempat kerja. Kursi yang baik akan mampu memberikan postur dan sirkulasi darah yang baik dan akan membantu menghindari ketidak nyamanan. Pilih kursi yang nyaman, dapat diatur dan memiliki penyangga punggung.

Aturlah kursi sedemikian rupa sehingga:

1. Paha Anda dalam posisi horizontal dan punggung bagian bawah atau pinggang Anda terdukung. Tanpa hal ini maka punggung dan pinggang Anda berpotensi untuk mendapatkan gangguan.

2. Bila kursi kurang dapat diatur, bagian bawah punggung dapat dibantu dengan diberi bantal.

3. Telapak kaki Anda harus dapat bertumpu secara rata di lantai ketika duduk dan ketika menggunakan keyboard. Apabila hal itu tidak dapat anda lakukan, mungkin kursi Anda terlalu tinggi. Dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan penyangga kaki.

4. Kadang-kadang ubahlah posisi duduk Anda selama bekerja karena duduk dalam posisi tetap dalam jangka lama akan mempercepat datangnya ketidaknyamanan.

Komponen penting di saat berhadapan dengan komputer
  • Keyboard

Keyboard diperlukan sebagai perangkat input yang selalu kita pegang ketika kita bekerja dengan komputer. Agar pemakaiannya nyaman, usahakan untuk berada dalam posisi sebagai berikut:

1. Atur letak keyboard sehingga lengan Anda dalam posisi relaks dan nyaman, dengan lengan bagian depan dalam posisi horizontal.

2. Pundak Anda dalam posisi relaks, tidak tegang dan terangkat ke atas.

3. Pergelangan tangan harus lurus, tidak menekuk ke atas atau ke bawah.

4. Ketika mengetik maka tangan harus ikut bergeser ke kiri-kanan sehingga jari tidak dipaksa untuk meraih tombol-tombol yang harus diketuk.

5. Jangan memukul tombol tetapi tekan tombol secara halus sehingga tangan dan jari Anda tetap relaks.

6. Pertimbangan untuk memanfaatkan keyboard ergonomik yang dirancang untuk dapat diatur sesuai ukuran jari dan posisi lengan.

7. Manfaatkan fitur shorcut dan makro untuk melakukan suatu aktivitas di komputer. Misalnya, Ctrl+C untuk meng-copy. Shorcut atau makro dapat mengurangi aktivitas penekanan tombol.

8. Seperti dijelaskan di atas, postur dan posisi yang salah dalam pemakaian keyboard maupun mouse berpotensi menyebabkan gangguan carpal tunnel syndrome.
  • Mouse

1. Tempatkan mouse di dekat dan di permukaan yang sama dengan keyboard sehingga dapat diraih dan digunakan tanpa ke posisi yang berbeda.

2.Pertimabangkan untuk menggunakan scroll-point mouse sehingga gerakan scrolling di layar dapat lebih mudah dilakukan.

3. Gunakan optical mouse untuk memperoleh gerakan kursor yang lebih presisi.
  • Monitor

1. Posisi layar monitor harus sedemikian rupa sehingga dapat meminimalisasi pantulan cahaya dari lampu, jendela atau sumber cahaya lainnya.

2. Untuk kenyamanan, atur monitor sehingga mata Anda sama tingginya dengan tepi atas layar, sekitar 5-6 cm di bawah bagian atas casing. Monitor yang terlalu rendah akan menyebabkan leher dan pundak terasa sakit atau nyeri. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. Terima kasih.

Komponen penting di saat berhadapan dengan komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lol

2 komentar:

  1. apa kabar sob?
    hehehehe,,,,,,,
    posisi saat menatap monitor,,,
    harus mencari kenyamanan agar tidak lelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe . . .baik-baik saja . . .terima kasih sudah mampir disini . . . sahabat lama :D

      Delete