Teknologi Masa Depan Terbarukan

Prinsip dan Penjelasan Penyaluran Sinyal

Transmisi pada Local Area Network dapat dibagi ke dalam tiga kategori utama, yaitu unicast, multicast dan broadcast yang masing - masing akan kita bahas berikut ini.

  • UNICAST

Unicast merupakan transmisi jaringan point to point (one to one). Ketika digunakan, satu tunggal mencoba berkomunikasi hanya dengan satu sistem lainnya. Jaringan point to point biasanya digunakan pada jaringan yang besar, dengan menghubungkan jaringan lokal ke jaringan lain melalui satu titik akses point.

Bila satu paket data akan dikirimkan ke mesin (node) lain di jaringan yang lain, maka paket tersebut harus melewati satu atau lebih node yang lain yang berfungsi sebagai perantara. Node perantara ini dapat juga merupakan komputer gateway yang berfungsi sebagai gerbang keluar-masuknya paket data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

Pada jaringan Ethernet, penggunaan unicast dapat diketahui dengan melihat MAC Address asal dan tujuan yang merupakan alamat host yang unik. Pada jaringan yang menggunakan IP, alamat IP asal dan tujuan merupakan alamat yang unik. Pada jaringan yang menggunakan IP, alamt IP asal dan tujuan merupakan alamat yang unik (tidak akan sama satu dengan yang lain).

Ketika sistem berhubungan dengan frame jaringan, ia akan selalu memeriksa MAC Address miliknya untuk melihat apakah frame tersebut ditujukan untuk dirinya. Jika MAC Address-nya cocok dengan sistem tujuan, maka ia akan memprosesnya. Jika tidak, frame tersebut akan diabaikan.

Ingat! Ketika berhubungan ke hub, semua sistem melihat semua frame yang melalui jaringan, karena mereka semua bagian dari collision domain yang sama.

Prinsip Penyaluran Sinyal

  • MULTICAST

Multicast merupakan transmisi yang dimaksudkan untuk banyak tujuan, tetapi tidak harus semua host. Oleh karena itu multicast dikenal sebagai metode trasmisi one to many (satu ke banyak) atau jaringan point to multipoint.

Multicast digunakan dalam kasus-kasus tertentu, misalnya ketika sekelompok komputer perlu menerima transmisi tertentu. Salah satu contohnya adalah streaming audio atau video. Misalkan banyak komputer ingin menerima transmisi video pada waktu yang bersamaan. Jika data tersebut dikirimkan ke setiap komputer secara individu, maka diperlukan beberapa aliran data. Jika data tersebut dikirimkan sebagai broadcast, maka tidak perlu lagi proses untuk semua sistem. Dengan multicast data tersebut hanya dikirim sekali, tetapi diterima oleh banyak sistem.

Protokol-protokol tertentu menggunakan range alamat khusus untuk multicast. Sebagai contoh, alamat IP dalam kelas D telah direservasi untuk keperluan multicast. Jika semua host perlu menerima data video, mereka akan menggunakan alamat IP multicast yang sama. Ketika mereka menerima paket yang ditujukan ke alamat tersebut,mereka akan memprosesnya.

Ingatlah bahwa setiap sistem selain memiliki MAC Address (dari vendor pembuat ethernet card atau network adapter), ia juga memiliki alamat IP sendiri-sendiri. Selain itu mereka juga mendengarkan alamat multicast mereka.

Dalam teknologi pengiriman data SMS (Short Massage Service) antar pengguna telepon selular, teknik multicast ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana sebuah pesan yang dikirimkan dari satu ponsel dapat diterima oleh banyak ponsel lain (dari satu operator atau berbeda operator), atau juga sebuah pesan yang dikirimkan oleh operator selular yang biasanya berupa info layanan, berita, iklan, dll, akan diterima oleh banyak ponsel lain dalam satu jaringan atau area layanan operator selular tersebut.

  • BROADCAST

Jenis transmisi jaringan yang terakhir adalah broadcast, yang juga dikenal sebagai metode transmisi one to all (satu ke semua). Sistem broadcast juga dapat digunakan untuk menjelaskan bila ada paket-paket data yang dikirimkan dari satu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainnya dalam satu jaringan atau subnet jaringan lainnya. Pada jaringan ethernet, broadcast dikirim ke alamat tujuan khusus, yaitu FF-FF-FF-FF-FF-FF-FF atau dengan oktet terakhir berisi bit 11111111. Broadcast ini harus diproses oleh semua host yang berada dalam broadcast domain yang ditentukan.

Field alamat pada sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket itu di alamatkan. Saat menerima sebuah paket, mesin akan men-cek field alamat. Bila alamat tersebut ditujukan untuk dirinya maka paket tersebut akan diterima, namun bila alamat tersebut bukan ditujukan buat dirinya, maka paket tersebut akan diabaikan.

Walaupun broadcast cenderung membuang resource, beberapa protokol seperti ARP sangat bergantung kepadanya. Dengan demikian terjadinya beberapa traffic broadcast tidak dapat dihindari.

  • Broadcast ICMP

Cara ternudah untuk mengetahui host yang hidup pada sebuah target jaringan adalah dengan mengirimkan ICMP echo request ke broadcast address pada target jaringan tersebut. Sebuah permintaan (request) akan dikirim secara broadcast ke semua host pada target network. Host yang hidup akan mengirimkan ICMP echo reply.

Prinsip dan Penjelasan Penyaluran Sinyal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment